Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah dan Mengobati Sakit Mata yang Menular

Daftar Isi [buka]

Coretan Sederhana-ryan - Pernah nggak kamu ngalamin yang namanya sakit mata ? Aku sih belum ya, dan InsyaAllah jangan sampek kena penyakit mata.

Kamu pasti pernah kan ngeliat temen atau keluarga kamu lagi sakit mata ? Pasti pernah dong. Nah, rata-rata kita kalo liat orang lagi sakit mata pasti bawaan nya pengin ngejauhin orang itu, takut ketularan. Terus apalagi kalo liat matanya, pasti kita langsung tutup mata, memalingkan wajah, atau malah lari kocar-kacir takut ketularan. Ingat, orang sakit mata itu jangan disamain dengan mata sharinggan nya uchiha, yang bisa menghip**tis orang.

Padahal itu semua aslinya enggak bener loh, peyebab utama kita ikut tertular sebenernya kalau kita melakukan kontak langsung dengan si penderita, itu baru kita bisa ketularan. Tapi kalau cuma sekedar melihat matanya saja, aman kok, nggak masalah, tergantung sugesti aja. Kalo kita mikirnya "wah pasti gue ketularan nih" pasti kamu bakal ketularan, tapi kalau mikirnya postitif, insyaAllah aman sejahtera.

Orang yang terkena sakit mata, umumnya mengalami reaksi yang gatal, perih, mata merah, banyak belek nya warna hijau segede batu ieuw jorok. Sakit mata disebabkan oleh virus, nama virusnya aku nggak tau, coba kamu cari aja di Google.

Sengaja aku bikin artikel ini, untuk memberi tips tentang cara dan pengobatan sakit mata dari temen aku yang pernah mengalaminya. Oke, langsung aja dibaca sampek abis oke.

Cara Mencegah Terkena Sakit Mata

Untuk cara mencegahnya sangat mudah, bisa kamu lakuin dengan cara dibawah ini:

Hindari Kontak Langsung Dengan si Penderita

Jika teman atau keluarga kamu ada yang kena sakit mata, cobalah untuk tidak bersentuhan dengan si penderita, terutama dibagian tanganya. Jika terlanjur saling kontak, cucilah tangan kamu dengan air sabun antiseptik hingga bersih cling !

Jangan Mengunakan Alat Yang Sama Dengan Si Pendirita

Hindari alat-alat dan barang-barang yang digunakan dengan si penderita ketika dia sedang sakit mata. Contohnya, sapu tangan, tisyu, dan lain-lain hore.

Suruh Penderita Untuk Memakai Masker dan Kacamata

Tujuan menggunakan masker yaitu, agar ketika sipenderita sedang berbicara, batuk, dan bersin tidak menulari virus lewat itu tadi. Sedangkan untuk memakai kacamata, tujuanya supaya mata yang sakit tidak terkena cahaya, dan debu yang akan membuat makin parah sakitnya.

Nah, itu saja sih cara mencegah agar supaya nggak ketularan sakit mata. Sekarang kita beralih ke pengobatanya oke.

Cara Mengobati Sakit Mata

Sebebernya caranya amat sangat mudah, tergantung orangnya mau cepet sembuh atau nggak. Langsung aja dibaca ringkasanya dibawah ini:

Jangan Mengucek Mata Ketika Sakit

Hindari yang namanya kucek mengucek mata, biasanya kalau lagi sakit mata kan gatal tuh ya, bawaan nya pengin digaruk mulu. Tapi, taukah kamu bahwa mengucek mata bisa mengakibatkan tambah parah sakitnya, karena menyebabkan iritasi. Jangankan yang lagi sakit mata, coba deh buat yang matanya sehat kucek matanya, pasti rasanya sakit dan tambah gatal, apa lagi yang lagi sakit mata ?

Selalu Menggunakan Masker dan Kacamat

Seperti yang udah aku sebutin di poin pencegahan tadi, silakan dibaca kembali.

Selalu Jaga Kebersihan

Kalau lagi kena sakit mata, sering-seringlah menjaga kebersihan. Kalau abis megang mata segera cuci tangan, supaya tidak menulari yang lainya. Bersihin alat-alat perabotan rumah tangga.

Obati Sakit Mata

Yang terakhir periksakan mata kamu kedokter, mintalah untuk di obati matanya supaya cepat sembuh. Atau buat kamu yang takut kedokter bisa juga pakai cara alami dan tradisional untuk pengobtanya.

Nah, itulah cara ampuh mencegah dan mengobati sakit mata dengan metode super duper mudah. Kesembuhan hanya milik Allah SWT, tidak ada salahnya untuk selalu berdo'a kepadanya agar kita selalu diberi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua hore.