Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resiko Memakai Domain Gratisan

Daftar Isi [buka]

Coretan Sederhana-ryan - Kalau kita berbicara domain gratis, pasti akan membuat blogger ngiler. Apalagi domain gratis tersebut bertipe TLD (top level domain), seperti .com .net .org .us .gov .edu .my.id .info dll.

Tapi kalau domain gratis tersebut bersal dari ccTLD (country code top level domain), seperti .tk .ga .cf .ml .co.vu .co.id, apakah masih mau ? Ya tentu mau lah ! Orang gratis ini. Biasa nya, blogger pemula seperti Saya yang tidak mau mengeluarkan biaya lebih memilih domain gratisan. Tapi apakah kamu tau resiko dan bahaya yang di timbulkan kalau menggunakan domain gratisan ? Simak saja kisah yang saya alami dan rasakan ketika menggunakan domain gratisan berekstensi .tk untuk blog ini.

Bingung, dan Mumet

Jujur, ketika usia blog saya sudah mulai beranjak tua, dan saya sudah mencari backlink kemana-mana dengan menancapkan alamat blog ini www.blogsaya.tk Saya mulai merasa bingung dan agak sedikit pusing, karena saya punya niat untuk mengganti alamat blog ini dengan domain www.ryan-jaya.com. Sebenarnya, tujuan saya menggunakan domain gratisan tersebut hanya untuk mendaftar Google AdSense saja, tapi malah keterusan menggunakan domain ini sampai sekarang. Dan kalau saya mau mengganti domain baru, resiko nya sangat besar, nilai Alexarank sudah lumayan, sudah di buat SEO, dan lain-lain lah pokoknya.

Jadi, buat kamu yang mau makai domain gratisan, lebih baik berfikir dahulu sebelum terlambat. Karena domain gratisan hanya di peruntukan untuk blog atau website coba-coba saja atau ekperimen semata. Semoga bisa bermanfaat, dan lebih baik langsung saja pakai domain TLD .com .net, dll. Atau kalau tidak pakai saja domain bawaan blogspot.com atau wordpress.com, karena sebenarnya domain bawaan lebih baik dan bagus ketimbang domain ccTLD.