Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendapatan Google AdSense Menurun, Mungkin Ini Penyebabnya

Daftar Isi [buka]

Awal bulan April ini pendapatan Saya merosok jauh, tidak seperti bulan Maret lalu yang setiap harinya nggak ketang satu klik dapet $0.10-$.080, sekarang sehari saja sangat seret cuma dapet lumayanlah yaitu $0.00.-$0.20 saja. Mungkin si iklan sedang main ApprilMob kali yak.

Entah mengapa tiba-tiba earning Saya menjadi segitu, sepertinya para pengunjung tidak tertarik kali yak ? Atau mungkin mereka tau kalau itu iklan, jadi males ngelik. Ah, sudahlah bingung juga kalau di pikir-pikir, marai kentir. Mungkin itu semua bisa terjadi karena ada penyebabnya, hal-hal apa saja kira-kira ? Mungkin Kamu bisa temukan dibawah ini:

Trafik Rendah

Ini salah satu biang keroknya nih, mungkin pendapatan Saya anjlok gara-gara ini nih. Karena Saya memang terkendala visitor yang sangat sedikit, tidak seperti dulu yang trafik lumayan banyak karena Saya rajin posting sehari bisa 5 artikel, sekarang hanya 2 artikel/hari. Dengan trafik rendah, maka terjadinya klik pun sangat rendah.

Advertiser atau Pengiklan tidak Membayar Mahal

Ini juga salah satu dari beberapa mimpi buruk yang di alami oleh para publisher, mengapa demikian ? Karena, walaupun iklan itu datangnya dari Google AdSense tetapi sebenarnya Google AdSense itu cuma perantara saja. Yang menjadi pemilik utama ya yang ada di dalam iklan itu, walapun iklan datangnya dari Google AdSense, bukan berarti semua iklan disana harganya mahal. Jujur, Saya pernah mendapat satu klik cuma berharga $0.01, it's amaizing bukan ? Entah karena faktor apa itu, mungkin karena iklan itu memang membayar rendah. Maka dari itu beberapa orang master GA menyarankan agar mencekal iklan-iklan yang membayar murah, tetapi Saya tidak melakukan hal itu.

Blog Tidak Memiliki Satu Niche

Ini yang menjadi kesuraman yang ketiga, Blog yang tidak punya satu niche atau para Blogger menyebutkan Blog gado-gado, entah siapa yang memberi nama aneh ini, mungkin karena isi artikel campur-campur kali yak ? Jadi, diberi nama Blog gado-gado. Paling karena Blog seperti ini, jadi iklan yang tampil di Blog bingung dan muter-muter, besok niche ini, besok niche itu, jadi si iklan yang tampil jadi ganti-ganti nggak jelas gitu, lalu harga iklanya pun bervariasi nggak menentu. Tapi it's oke, menurut Saya ini malah bagus, karena semua iklan tampil dalam dalam satu Blog yang campur-campur, seperti Blog Coretan Sederhana-ryan ini. Ini, bisa suram bisa juga tidak bung.

Pengunjung Sudah Tau Kalau Itu Iklan

Nah, ini kegelapan yang terakhir, mungkin pengunjung sudah mengetahui kalau itu adalah iklan yang dipasang si pemilik Blog agar bisa mendapat penghasilan. Tapi, kalau pengunjung yang model begini mah namanya pengunjung yang tidak punya hati. Pasti mereka berfikir seperti ini "ahh iklan nih, buat apa di klik nanti kesenangan yang punya blog, ahh sudahlah lewatkan", suram sekali kau nak. Jenis pengunjung seperti itu yang membuat Kita loyo dan mengeluarkan cakra kyubi musang ekor sembilan. Lain lagi dengan pengunjung yang berhati malaikat, mereka akan berkata begini ketika berhadapan dengan iklan "ahh, ada iklan nih, klik ahh itung-itung ngamal buat yang punya blog dan buat ngehargai yang punya blog, biar Saya masuk surga", nah eni nih model pengunjung yang ingin dimiliki oleh suatu blog, eni pengunjung cuma 20% saja yang begini, 80% berhati suram.

Yaps, itulah mimpi buruk-mimpi buruk yang di alami oleh para publisher, semoga menghibur dan bermanfaat. Jangan menyerah, apa pun yang Kita dapat, Kita harus mensyukuri pemberian rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa walupun itu cuma sekecil padi. Karena diluaran sana banyak teman Kita yang sedang berjuang untuk mendapatkan pengakuan dari Google AdSense, bahkan tak sedikit yang ditolak. Oke, Happy Blogging Friend