Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Boleh Nama Alamat dan Rekening di Google AdSense Berbeda?

Daftar Isi [buka]
Blogger Pesawaran - Banyak sekali yang bingung dan tidak mengerti tentang perbedaan alamat identitas dan alamat pembayaran rekening di akun Google AdSense. Saya sendiri awalnya kebingungan dan tanya kesana-kemari, Saya bertanya tidak hanya pada satu orang saja, melainkan ke beberapa orang untuk mendapat jawaban yang akurat.

Karena ini menyangkut hidup dan matinya akun AdSense Saya. Ketika itu Saya mendapat notifikasi dari pihak AdSense untuk segera menverifikasi identitas, rekening dan alamat. Ketiga permintaan itu harus Saya penuhi segera, karena jika tidak maka penayangan iklan Saya akan dihentikan. Dan ambang nominal saldo Saya waktu itu adalah IDR.140.000, dan normalnya IDR.130.000, sudah bisa verifikasi identitas.

Waktu itu Saya belum punya rekening, dan hanya punya KTP saja. Maklum, Saya baru lulus sekolah jadi belum punya nomor rekening sendiri. Karena tidak punya rekening dan sudah mendapat notifkasi suruh cepat-cepat verif id, Saya pun kebingungan, bagaimana ini? Akhirnya Saya bertanya kebeberapa forum begini:

Bang bertanya seputar AdSense. Kalau identitas di KTP sama rekening beda boleh tidak? Soalnya Saya rekening tidak punya, kalau KTP punya. Saya disuruh upload tanda pengenal dan Saya upload KTP Saya, terus untuk rekening pakai rekening Kakak Saya, apa bisa?

Dan apa yang Saya dapat? Ternyata mereka semua menjawab:

BISA

Dari situ Kita bisa lihat, bahwa rekening pembayaran Google AdSense boleh tidak sama dengan nama kita di alamat AdSense, alias rekening punya orang lain bisa digunakan asalkan Kita sudah memberitahu Orang tersebut (misal ayah,ibu kakak, adik, saudara, atau teman kita).

Nah, jadi buat Kamu yang tidak punya rekening jangan khawatir jika ingin memverifikasi nomor rekening untuk menerima gaji dari AdSense, karena bisa menggunakan rekening Orang terdekat.

Verifikasi Identitas


Sekedar tambahan, ketika saldo Kalian sudah IDR.130.000, maka akan muncul notifikasi berwarna merah bertulisakan "pembayaran Anda sedang ditangguhkan karena Anda belum memverifikasi identitas" segera Kalian klik tombol "aksi" dibawah notifikasi tersebut lalu pilih verifikasi identitas "verifikasi sekarang" kemudian upload foto KTP Kamu yang sudah di scan menggunakan aplikasi CamScanner agar terlihat jelas, cari di google playstore kemudian upload dan tunggu berhasil atau tidak, jika tidak berarti foto Kamu blur tidak jelas, jika berhasil maka tidak sampai 1 jam maka verifikasi berhasil.

Verifikasi Rekening


Kemudian Kalian verifikasi juga rekening yang tadi yang mau di tambahkan di metode pembayaran. Tunggu hingga google mengirim setoran saldo percobaan dibawah IDR.1000, yang masuk kedalam mutasi bank dari rekening tersebut. Dan lihat berapa jumlah uang yang masuk dan input kedalam menu verifikasi tadi, biasanya mutasi akan masuk dalam waktu 2-3 hari paling cepat, lama bisa berminggu-minggu. Fungsi dari Google mengirim setoran percobaan adalah untuk membuktikan bahwa rekening tersebut valid dan milik Kamu. Jangan sampai salah menulis nomor rekening ya.

Verifikasi Alamat PIN


Jika Kalian sudah memverifikasi kedua permintaan diatas, maka yang terakhir Kalian harus menunggu PIN dari google dikantor pos yang sudah Kalian tulis bersama alamat Kalian. PIN datang dalam waktu 2 Minggu, menu PIN ada di bagian "Akun, Informasi Akun" Kalian bisa cek sendiri.

Kesimpulan

Jadi tahapan dari ketiga verifikasi diatas adalah, Upload Tanda Pengenal -> Masukan Nomor Rekening -> Menunggu PIN Datang (Jika Kalian sudah request PIN sebanyak 3x dan tidak datang selama tiga bulan, Kalian wajib melakukan cara nomor satu untuk pengganti PIN tadi).

Semoga bermanfaat, maaf jika tidak ada gambar karena Saya lupa screen shot.