Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Agar Ayam Menjadi Penurut Kepada Pemiliknya

Daftar Isi [buka]
Blogger Pesawaran - Disini ada yang hobi memelihara hewan terutama ayam? Dan Anda pasti kesini untuk mencari cara supaya hewan peliharaan tersebut menjadi lulut (nurut) kepada Anda kan? Maka dari itu pas sekali ! Disini Saya akan memberikan solusi agar ayam anda menjadi jinak dan menuruti semua perintah Anda.

Harmonis Sekali Hewan Ini

Perlu diketahui, ayam adalah sejenis unggas yang masih berfamiliy dengan burung maupun unggas lainnya. Yang membedakan, ayam tidak dapat terbang seperti unggas lainnya, ayam hanya bisa melompat renda saja, seperti melewati pagar. Saya sendiri tidak tahu kenapa ayam tidak bisa terbang, mungkin belum belajar terbang kali ya. Selain tidak dapat terbang, ayam juga sangat sensitif terhadap gerakan disekitarnya, seperti suara dan lainnya.

Jika tidak percaya, coba Anda tangkap ayam Anda sendiri, pasti susah kan? Ayam jika malam haripun tidurnya tidak seperti hewan lain, ayam akan peka terhadap apapun, matanya akan selalu terbuka jika sedang tidur, maka dari itu ada istilah "tidur-tidur ayam" alias tidur dalam keadaan terjaga. Tidak heran jika di desa-desa atau kampung ayam dibiarkan lepas oleh pemiliknya pada pagi hari, dan jika sore hari maka ayam tersebut akan pulang sendiri kerumah majikannya.

Oleh sebab itu Saya kaget ketika teman Saya yang datang dari kota terheran-heran melihat ayam yang berseliweran dirumah Saya, karena dirumah kawan Saya semua ayam di masukan kedalam kandang. Saya pun hanya tertawa geli melihat kawan yang ngoceh sambil melihat ayam-ayam yang lalu lalang didepannya.

Kemudian terbesit ide dipikiran Saya untuk membuat tutorial menjinakan ayam, silahkan disimak baik-baik agar ayam Anda menjadi jinak.

Cara Menjinakan Ayam Dengan Mudah

- Pertama, Anda harus punya ayam terlebih dahulu, beli ayam yang kecil, tidak kecil juga tidak apa-apa, tapi untuk hasil maksimal yang kecil yang bagus. Kenapa? Karena jika ayamnya masih kecil, dia ayam akan merasa nyaman kepada Anda.

Pacarnya Dua

- Kurung terlebih dahulu ayamnya selama 4-7 hari, tujuannya untuk pengenalan rumah dia ayam.

- Sering-seringlah dibelai ayamnya, belai lembut ayam Anda sesering mungkin supaya dia merasakan kenyamanan terhadap diri Anda, ini juga akan membantu mengenali bau tubuh Anda.

Namanya Joko

- Beri makan setiap hari melalui tangan Anda, jika Anda memberinya makan setiap hari terlebih menaruh makanannya ditelapak tangan Anda, ini akan membuat si Ayam percaya bahwa Anda adalah induknya.

Makan Ditangan Pemiliknya

- Beri nama dan panggil ayam Anda menggunakan nama yang Anda berikan, agar kemistri selalu terjaga.

- Ajak ngobrol, jangan salah ! Mengajak ngobrol hewan tidak akan membuat Anda gila kok. Tenang saja, ngobrol lah layaknya ayam itu teman atau keluarga Anda sendiri.

Saya Ngobrol Dengan Ayam?

Silahkan dicoba tips mudah menjinakan ayam diatas, jika Anda bersabar dan konsisten, Saya jamin ayam punya Anda akan menjadi jinak dan mengerti semua ucapan Anda. Tambahan, jika sudah bersentuhan dengan hewan segera cuci tangan pakai sabun ya untuk mencegah virus atau kuman.

Demikian artikel mengenai ayam, semoga bermanfaat bagi Anda semuanya.