Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadi Tukang Angon Bebek

Daftar Isi [buka]

Coretan Sederhana-ryan - Menacari pekerjaan adalah hal yang mudah bagi yang mau berusah, tetapi sulit bagi mereka yang pilih-pilih pekerjaan.

Sama hal dengan saya, saya ini orangnya termasuk dalam memilih-milih pekerjaan, tetapi kalau kepepet apapun pekerjaan akan saya lakoni.

Akhirnya saya putuskan untuk mengaggur saja, dan hanya berdiam diri dirumah yang nyaman ini. Dan aktifitas yang saya lakukan sekarang yaitu Angon Bebek Disawah, selain angon bebek saya juga mencari makananya yaitu, Keong Mas, bukan keong mbak loh ya haha.

Sore itu, seperti biasa saya dan ayah saya harus menggiring bebek-bebek kesawah, atau bahasa jawa nya "ngengon" atau "ngangon" tujuanya yaitu agar si bebek cari makan sendiri atau hanya sekedar mandi di rawa.

Yang pertama dilakukan yaitu membuka tutup kandang, kemudian mulai mengeluarkan para bebek agar keluar dari kandangnya. Angon bebek ini tidak susah, hanya saja sekarang bebek saya ngambek enggak mau bertelor lagi, entah kenapa bisa gitu.

Setelah dikeluarkan dari kandangya, kemudian kami mulai menggiringnya ke sawah. Letak sawah hanya dibelakang rumah saya, jadi tidak capek gitu lah. Kami pun mulai menelusuri jalan batu yang temurun, setelah sampai di jembatan atau bibir sawah, para bebek sudah paham betul mana sawah dan mana rawa.

Karena si bebek saya ini sudah terbiasa jadi ya, enggak usah bingung, hanya saja di daerah saya masih ada guguk liar, jadi bebek jangan di tinggal dan harus di awasi. Pernah kejadian waktu itu bebek-bebek saya di terkam oleh guguk liar ini, untung saya memergokinya, tapi sayang tiga bebek terluka parah, satu meninggal ditempat, dan dua Alhamdulillah selamat.

Bersambung...