Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Khas Lampung yang Wajib Anda Coba

Daftar Isi [buka]
Blogger Pesawaran - Anda pecinta kuliner? Jika iya, Anda harus mencoba makanan yang berada dikota Lampung. Memang tidak semua makanan khas Lampung akan Saya sebutkan disini, tetapi hanya beberapa yang pupuler saja dan sering dijumpai baik dirumah makan, acara pesta, toko oleh-oleh, dan dirumah-rumah.

Menara Siger Lampung

Jika kebetulan Anda sedang berada di Lampung, ataupun sekedar lewat di provinsi ini, maka mampirlah terlebih dahulu untuk mencicipi makanan khas yang ada disini. Bagi Warga Lampung asli maupun pendatang, yang belum mencoba makanan ini silahkan Kamu coba mulai dari sekarang, maka Anda akan merasa ketagihan dengan rasanya yang khas.

Ini Dia Daftar Makanan Khas Lampung Menurut Saya

1. Keripik Pisang


Ya, dari namanya Anda mungkin tidak asing lagi kan? Cemilan yang satu ini sebenarnya ada diseluruh Indonesia, dan mudah dibuat sendiri dirumah. Tapi kenapa keripik pisang adalah makanan khas Lampung? Karena Lampung ini adalah penghasil pisang terbaik yang ada di Indonesia. Kebunnya sendiri berada di Lampung Timur dan Lampung Tengah. Maka dari itu Anda harus mencoba olahan makanan yang satu ini, ada keripik pisang rasa coklat, rasa balado, rasa original, rasa keju, dan masih banyak varian rasa yang lainnya.

Maka dari itu belilah yang banyak untuk oleh-oleh keluarga, teman, maupun tetangga Anda. Keripik pisang ini bisa Anda jumpai di daerah Bakauheni dan di Bandar Lampung, pokoknya diseluruh Lampung pasti ada yang menjualnya ditoko oleh-oleh.

2. Kemplang

Dari namanya saja sebenernya sudah aneh dan agak kasar, tapi jangan salah, ini adalah makanan loh. Makanan khas Lampung yang paling Saya sukai saat malam hari sambil menonton televisi.

Rasanya yang gurih, renyah, dan pedas membuat lidah Anda bergoyang-goyang. Kemplang sendiri terbuat dari daging ikan segar giling yang dicampur dengan tepung, kemplang ini di dalam bungkusnya ada saus sambalnya.

Rasa sambal yang khas menjadikan Anda merasa dikemplang karena pedas, pokoknya Anda harus mencoba cemilan ini, harganyapun murah satu bungkus cuma Rp.5000,- bisa Anda beli di warung dan ditoko oleh-oleh.

3. Seruit

Pasti Anda bingung dengan namanya? Seriut adalah sambal, sambal khas orang Lampung yang satu ini sering kali dijumpai di acara adat, pesta, maupun dirumah. Sambal ini rasanya beda dengan sambal terasi biasanya, dicocol pakai nasi panas, dan ikan kecil-kecil goreng wow pasti sedap sekali. Maka saya rekomendasi sekali bagi Anda untuk memesan menu ini saat berada di rumah makan.

4. Tempoyak

Ini juga bisa di kategorikan sebagi sambal, tempoyak sendiri adalah hasil dari fermentasi buah durian yang dicampur dengan garam dan rempah-rempah lainnya. Wajib Anda coba jika sedang berada di kota Lampung.

5. Pindang Patin

Bagi supir truck antar lintas provinsi pasti tidak asing dengan pindang patin khas kota Lampung. Makanan ini banyak sekali dirumah makan pinggir jalan lintas sumatera, dengan bumbu khasnya siapapun yang mencoba makan satukali, maka ingin makan lagi. Bahkan Ibu Saya sering memasak menu ini ketika di rumah.

Mungkin itu saja Makanan Khas Lampung yang bisa Saya sebutkan, karena tidak bisa disebutkan satu persatu saking banyaknya. Itu saja baru lima, mungkin disetiap daerah ada yang mirip dengan menu diatas, tetapi rasa pasti berbeda disetiap daerahnya, itulah yang membuat khasnya. Saya jadi ingin tahu makanan khas didaerah Kalian, silahkan sebutkan makanan khas kota kalian di kolom komentar.